cari sekolah buat Rafi nanti ah…..

hehehehe judulnya syerem banget yah….Cari Sekolah buat Rafi…

yaaaaa emang sih masih jauh….tapi ga tau kenapa ko jadi pengen ya mulai cari2 sekolah buat rafi TK- SD dan selanjutnya…

awalnya sih gara2 ngobrol2 ama tante upik aka Eyang Tamara nan cuantik jelita itu…hehehehe…

si Eyang tamara tuh lagi muter2 cari pesantren buat Om Aby yang skrh udah SMP…sebenernya jauuuuuuuhhhh didalam hati nan paling dalam, semenjak baca buku cerita Negeri 5 Menaranya /A.Fuadi…jadi berdoa dalam hati….dan berharap semoga anak2 ibu nanti mau dan ikhlas ridho belajar nyantri di pesantren kaya tokoh2 cerita di buku itu, yang bisa sukses insya Allah Dunia akherat….

ibu luky cuman berdoa dan berharap Rafi dan anak2 ibu nantinya mau tanpa paksaan masuk jadi santri di salah satu pesantren terbaik di negara ini….

cuman satu ko alasan ibu, ibu pengen anak2 ibu jadi anak2 sholeh/sholehah, sehingga kelak ibu bisa mempertanggung jawabkan amanat yang dititipkan Allah ini pada saatnya.

dulu sih waktu kecil , ibu pernah berperasaan kalau pesantren itu untuk orang kampung, ga gaul, ga beken kaya Sekolah2 di kota….dan pesantren itu tempat untuk kirim anak2 yang nakal….duhhhhhhh picik banget yah pikiran itu…..

tapi alhamdulillah, baca buku Negeri 5 Menara karya A.Fuadi , bikin mata hati ibu terbuka dan seakan baru tersadar kalau pemikiran ibu selama ini tentang konsep sebuah pesantren itu totally wrong…..

justru, kayanya saat ini, sangat dibutuhkan sekolah berkualitas seperti pesantren…

dari situ, ibu suka berdoa , Yaa Allah, Yaa Robb…bukakanlah Mata Hati anak2 saya sehingga mereka kelak bisa ikhlas ridho untuk menuntut ilmu di Jalan Mu….Amin….

ibu ga mau memaksa, tapi ibu selalu berdoa semoga anak2 ibu mau memahami keinginan ibu ini…..

habis ngobrol2 ama Eyang tamara ini, tambah pengen d ibu rasanya anak2 ibu masuk ke pesantren, habis ternyata menurut Eyang Tamara banyak ajaran2 yang diajarkan sebagai kurikulum didalam agama islam di sekolah ternyata tidak mengikuti Sunah Nabi Muhammad SAW…

ibu dikasih buku kecil, tuntunan sholat menurut Sunah Nabi, dan ternyata rata2 bacaan sholat ibu, gerakan ibu semua tidak sesuai Sunah Nabi…astagfirullah….

kasian kan anak2 ibu, juga anak muslim lainnya, yah kalau begitu….ternyata apa yang diajarkan di sekolah tidak mengikuti sunah Nabi, cenderung hanya untuk mengejar nilai akademis…masa harus hapalin 2 kali sih….kasian kan…===> bener juga kata EyanG tamara

syenangnya si Eyang Tamara ini, om Aby tuh ikhlas ridho mau ikut jadi santri….hiks … hiks….doakan aku yah Eyang/Om Aby..biar Rafi dan adik2nya kelak mau juga jadi santri secepatnya…

kita juga bahas tuh, kapan ya idealnya masukin anak ke pesantren…

tadinya ibu pikir, SMP kayanya usia cukup  buat masuk Pesantren dan tawarin anak jadi santri…tapi menurut Eyang Tamara, ASAP lebih baik…kalau bisa ya dari SD….huaaaaaaaaaa…..

SD kan baru umur 6-7 tahun….bisa apa anak ibu luky jadi santri yang harus belajar mandiri???dan pertanyaan terbesarnya adalah : APAKAH IBU SIAP, MENINGGALKAN ANAK USIA SEGITU NYANTRI?????hikhikhihik….

tapi menurut tante Tamara, usia SD lebih mudah lebih gampang bagi mereka beradaptasi, dan usia segitu belum bisa tawar menawar….kalau sudah SMP otomatis mereka sudah bersosialisasi dan sudah bergaul, akan ada kemungkinan mereka menolak karena mereka mau ikutan teman2nya masuk sekolah A, B atau favorit ini, favorit itu….

hmmmm bener juga ya……jadi berpikir deh ibu…

Eyang Tamara ada kasih beberapa alternatif pilihan pesantren di daerah jakarta dan sekitarnya :

– Al Bina di karawang ===> menurut Eyang Tamara ini bagusssss banget….karena dibiayai oleh kerajaan Arab Saudi…tapi……..untuk SD hanya diterima dari anak2 yatim saja…dan di tes juga….hiks hiks hiks masa harus jadi yatim dulu sih untuk jadi santri disini…astagfirullah…..

ya…yatim, karena kerajaan Arab Saudi yang mensubsidi dan mereka sepertinya ingin memajukan anak yatim, ada juga kan di Sunah dan di Al Quran, kalau kita harus menyayangi anak yatim….subhanallah…

nah utk SMP, masih ada kemungkin menerima dari luar, tapiiiiiii…persaingan ketatttttt sekaliiiiii karena, budget bangku yang dibuka hanya sedikit….rata2 yang melanjutkan adalah dari bangku SD , baru sisa quota dibuka untuk umum…tapi menurut berita beredar sangattttt susaaaaaahhhh sekali…perbandingan dibuka pendaftaran 5000 orang, tapi yang diambil hanya 50…kalau ga salah gitu deh kata Eyang Tamara….subhanallah yah….

dan SMA???jangan harap bisa masuk lagi ke Al Binaa, karena sudah tidak menerima lagi santri baru untuk jenjang SMA…

ini website Al Bina : http://albinaa.or.id/

==> Ibnu Hajar Boarding School

IHBS ini ternyata hanya untuk anak2 usia masuk SMP, tapi menurut tante Tamara ini juga bagus….bisa jadi pilihan….

tapi Ibnu Hajar cuma punya untuk santri laki kayanya ga ada perempuannya…liat di websitenya si gitu…ga tau juga deh…

nah itu beberapa alternatif dari Eyang Tamara…karena bahas itu, bisa jadi berpikir deh…kemana yah ibu sekolahin rafi, biar dari awal rafi dan adek2nya punya bekal lebih untuk bisa jadi santriwan/santriwati sejak dini…

ada ga yah TK/SD yang bisa membantu memberikan pendidikan dini yang menanamkan bekal pendidikan berkarakter dan berintegritas….mengikuti era kemajuan tapi tetap menanamkan kecintaan akan nilai2 islam didalamnya…

ibu browsing ke sana sini, cari SD/TK pesantren..tapi belum nemu yang pas…

sampe minggu ini, ga sengaja ibu liat plang sekolah Nur Hikmah – Full Day Islamis School…di jati warna…

hampir tiap hari loh setiap kerja ibu lewatin tapi ga pernah pay attention more..baru tadi pagi, ibu liat lagi seksama dan tertarik dengan kata2 : Full Day Islamic School /TK – SD

dalam hati bertanya : apa ini sejenis pesantren / sekolah dengan sistem daycare ala Islam?

langsung browsing deh ibu….sampe kantor habis meeting dengan staffnya ibu Nina yang mau bahas gathering Metso…

dan ternyata…alhamdulillah…terima kasih Yaaa Allah engkau membukakan mataku sehingga bisa meliat Plang sekolah Nur Hikmah ini…sepertinya ini jawaban doa dan harapan ibu selama ini….

dari website dan article2 yang ibu temuin, insya Allah sepertinya ibu sudah menemukan sekolah yang insya allah cocok buat anak2 ibu…..Insya Allah….mohon doa dan kelapangan jalan atas niatan hamba ini Yaa Robb…Amin..

ini beberapa article yang ibu dapat dari om google :

Studi Banding ke Nur Hikmah Islamic Fullday School

REP | 28 May 2010 | 10:23 292 14 1 dari 2 Kompasianer menilai Menarik


http://nurhikmahbekasi.com/sd/

Kamis, 27 Mei 2010 saya berkunjung ke TK-SD Nur Hikmah Islamic Fullday School. Letaknya di Jl. Kampung Sawah No. 10 Jati melati, Pondok Melati Bekasi. Posisinya sangat mudah dilalui bila kita menggunakan mobil. Dengan keluar melalui pintu tol Jatiwarna maka dengan mudah kita dapat menemui sekolah bagus ini. Kenapa saya mengatakan sekolah ini sekolah bagus? Sebab di dalamnya tumbuh pendidikan karakter yang terintegrasi dengan berbagai kegiatan dan kurikulum.

Kepala Sekolah, Ibu Ayu Kepala Sekolah, Ibu Ayu

 

Kedatangan saya ke sini sebenarnya untuk mencari tempat pelaksanaan blogshop kompasiana yang akan kami selenggarakan bersama komunitas blogger bekasi. Rencananya, kami akan melaksanakan pelatihan blog untuk para guru. Kebetulan ada seorang kawan (Pak Fatah) yang menjadi guru di sekolah ini.

Setelah tiba di sekolah itu, saya diajak berkeliling melihat suasana sekolah dan juga aula sekolah yang biasa digunakan untuk berbagai kegiatan. Multi fungsilah pokoknya. Sangat bersih dan terawat dengan baik. Saya sangat suka dengan bentuk aulanya.

Saya terkesan ketika terdengar suara adzan Ashar dari masjid sekolah. Anak-anak tanpa dikomando langsung menuju masjid dan segera mengambil air wudhu dengan tertib. Sambil menunggu teman-teman lainnya, saya melihat mereka membaca al-qur’an dan sebagian lagi berzikir.

Aduh, malu rasanya hati ini. Saya yang sudah setua ini terkadang tak sempat membaca al-qur’an. Mereka setiap hari membaca al-qur’an dan yang lebih salut lagi adalah setelah sholat tak ada satupun siswa yang langsung pergi. Mereka berzikir dan dengan tenang mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh gurunya. Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri bagaimana murid dan guru berinteraksi dengan sangat santun dan ada kasih sayang di dalamnya. Pendidikan karakter di sekolah ini benar-benar berjalan dengan baik. Sayang, masih belum banyak diliput media.

Saya menjadi teringat kembali dengan firman Allah dalam Surat An-Nisa ayat 9, Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka……

Sebagai orang tua tentu kita khawatir anak-anak kita tidak terdidik dengan baik. Apalagi di zaman globalisasi saat ini. Untuk menjawab kekhawatiran orang tua itu lahirlah lembaga pendidikan islam Nur Hikmah pada tahun 2002 dan pada tahun 2003 telah dikunjungi oleh bapak Walikota Bekasi pada saat itu, bapak Ahmad Zurfaih. Salah satu pengurus yayasan sekolah ini adalah bapak M. Anis Baswedan.

Peresmian Gedung Sekolah oleh Walikota Bekasi Peresmian Gedung Sekolah oleh Walikota Bekasi

 

Nur Hikmah Islamic Fullday school menerapkan konsep pendidikan sepanjang hari (fullday school) yang hampir seluruh aktivitas anak ada  di sekolah, mulai dari belajar, bermain, makan, dan beribadah semua dikemas dalam satu sistem pendidikan. Bila kedua orang tua bekerja, konsep ini sangat bagus sekali. Orang tua tak perlu khawatir ketika bekerja, karena sepanjang hari anak telah melakukan segala aktivitasnya di sekolah.

Sekolah di Nur Hikmah membekali anak dengan pendidikan yang terpadu antara pendidikan umum dan agama yang antisipatif terhadap perkembangan zaman. Demikian juga pengaruh kegiatan anak di luar sekolah dapat dikurangi seminimal mungkin, karena waktu pendidikan anak di sekolah lebih lama, terencana, dan terarah. Waktu belajar siswa antara pukul 07.20 s.d. 15.30 dan hari sabtu libur.

Senang sekali bisa studi banding ke sekolah ini. Semoga bisa mengadakan blogshop kompasiana di sekolah yang telah mendapatkan segudang prestasi. Saya pun pulang dengan perasaan bangga. Ingin rasanya bisa membangun sekolah seperti itu. Semoga saja bisa terwujud bila nanti saya mampu menggandeng pihak sponsor yang mendanai kegiatan ini.

Studi banding ke Nur Hikmah islamic Fullday school membuat saya semakin percaya akan semakin pentingnya pendidikan karakter diintegrasikan dalam kegiatan dan kurikulum sekolah-sekolah kita.

salam Blogger persahabatan

Omjay

http;//wijayalabs.com

article itu dibuat oleh OMJAy….ibu temuin di om google

ini website nur hikmah islamic school :

http://nurhikmah.org/beranda/

alhamdulillah sementara ini bisa tenang sudah ada 1 sekolah selain pesantren yang kayanya sesuai dengan keinginan ibu….

insya allah sih kemungkinan kalau masih dikasih rejeki, rencana ibu tetap masukin rafi daycare sampai usia 5 tahun..baru masuk TK….

biar rafi masuk SD di usia yang matang, dan biar puas dulu bermain di masa TK…

ibu ga mau anak2 ibu jadi stress nantinya karena ibu terlalu buru2 masukin sekolah SD yang rasanya sekarang semakin berat buat anak2 kita…

sebenernya sih ada beberapa alternatif juga apa masukin ke international school dulu kaya kinderfield pas TK habis day care usia 5 tahun, baru SD masukin sekolahnya di sekolah kaya Nur Hikmah??

hmmmm….let see later…at least I can breath now, since i found a good islamic school that might fit up with my wish for my children…AMIN…..

mudah2an dikasih kemudahan rejeki, umur panjang, sehat selalu biar bisa mendampingi anak2 ibu sampai nanti ibu rasa cukup bagi ibu melepas kalian dengan bekal yang sudah ibu/ ayah berikan ….AMIN..AMIN…

– after office hour, still at office…..waiting ayah for pick me up… –

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s