Galau SD Rafi Edisi 1

@office,setelah utak utik password again utk log in ke blog ini….#gubraksss# maaappp faktor U kayanya…makin keliatan…

 

oke ini adalah hari galau ke3 sejak hari selasa lalu (17 July)…galau segalau2nya setelah chat dengan mommy temen rafi @daycare pas lagi nemenin rafi breakfast..

iseng nanya SD anaknya dimana?dijawab kemungkinan ga di KK,mau ke Al Izhar di Pondok Labu atau Sekolah Pilar Indonesia..

ditanya dunk….biasa dehh Emak ini kan gateeeelll mau tau…alasannya kenapa?secara awalnya sudah setting pendidikan rafi ampe SMA dan hati sudah tenang dengan scheme SD tetep di Keenkids, SMP masukin Ibnu Hajar Boarding SChool , SMA nyantri di solo atau dimana yang jauh..(yg SMp ama SMA, ayah masih note :TANYA ANAKNYA,HARUS DARI HATI ANAKNYA!!)=====> OKEEE BOSSSS….tapi tetep dunk emak ini, kalo sholat inget sekolah langsung doa..semoga rafi dibukain pintu hatinya mau ikhlas dan happy nurut cita cita dan impian emaknya ini…..(nanti di curhatan berikut eike curhat alasannya yaaakkkssss), 

nah sekarang kenapa dulu emak ini pengen SD tetep di Keenkids, karena kriteria yang emak ini mau so far bisa di adapt di keenkids yaitu :

1. NO HOME WORK , yaaa katanya sih ada project2 gitu, tapi ga berat

eike ga setuju soalnya ama banyak sistem pendidikan terutama konvensional yang anak2 kayanya beban banget sekolah, berattttt banget…yaaa materinya berat, terus juga ke sekolah kaya mau nguli dan mudik 10 tahun bawaannya…sekaligus latihan angkat besi..giling tasnya berat bget..kadang ada yang bawa tas troli saking keberatan….ya ampunnn nak..itu tas troli emak ini pake kalo travelling, dirimu membawanya buat sekolah?ampe ga abis pikir itu isinya apa….buku kaya gimana…

makanya diriku mencari sekolah NO H.W …karena udh berat kali 6 thn sekolah, dan itu crucial bget dasar lohhh..namanya aja SD (sekolah dasar)==> walau sekarang udh ga jelas pengertiannya, lah anak mau masuk SD suruh udh bisa baca tulis…gw kayanya dulu baru kenal A,B,C pas kelas 1..belajar ini ibu budi dll….

makanya daku ga mau anakku nanti stress…masihhh puanjaaaanggggg jalan belajar dia….let him flow like the way it should be…

so these number 1 criteria match with me…

weits bukan berarti gw ga mau jadi emak yang ga mau peduli anak lo, ampe ga pengen anak ada PR…BUKAN YAAA SAUDARA SAUDARI SEPERJUANGAN….again reasonnya adalah alasan diatas…project project tertentu boleh lah dibawa pulang tapi lagi2 jangan yang bikin anak jd stress.

secara anak laki, yang konon katanya kalo dipaksa, dan dia belum mature bisa ribet urusannya, tuh anak bisa ga semangat sekolah, drop, dan bored di tengah jalan…makanya akuuu niat banget masukin rafi SD pas usia mature 6,5 – 7 thn lah seperti anjuran pemerintah…dan itu pula sebabnya eike kemarin galau saat rafi naik dari PreK ke KGA,….soalnya umurnya belum pas…kalo lanjut terus bisa di KGB dia lulus di usia 5 thn 8 bulan…awalnya masih nyantai….karena mikir ya udah ulang di TKB aja deh…eeeeehhhhh pas ambil report, diskusi dengan Miss Evi – Principalnya, di anjurin ulang di PreK karena PreK masih totally playing, ga ada target academis, kalo di KGA, KGB sudah ada target academis.

Maksudnya target academis adalah, udh mulai diajarin dasar2 utk prepare ke SD, karena secara sekarang masuk SD rata2 kalo mau pindah sekolah lain, harus bisa baca tulis, jadi mau ga mau di KGA KGb udh dikenalin dikit2….hmmm tapi dilemma adalah, si Rafi itu saking semangat dibilang mau naik KGA, ampe minta kamar buat dia tidur sendiri, ga mau dia tidur bareng lagi…bagusss sih…terus kalo ditanya orang kelas berapa, dijawab KGA, ampe ke nama missnya kalo ditanya , bukan miss yessi lagi tapi Miss Riri…padahal belum naik itu, masih prepare mau graduation day kemarin.

dilemma deh kemarin, tadinya mau mindahin ke PreK Kebayoran, dgn alasan biar ganti suasana baru, jadi   dia ga sadar kalo dia masih Prek, dan dikebayoran banyak yang ngulang juga karena faktor umur sama kaya rafi…tapiiiiii…ayah ga setuju..katanya kalo mau ngulang di park royal aja, ga usah pindah lokasi,itu namanya membohongi anak…===>iyaaaaa juga sihhhh……

terus miss2 lain di sekolah, minta supaya jgn ulang PreK, dicoba dulu , karena rafi dibanding temen2 lain yang umurnya pas, justru lebih bisa nangkap, secara academis OK, dan mereka worry rafi malah down kalo tau dia ulang lagi PreK apalagi PreK tahun ini cuma dikit dan cewe smua….ngambek dehhh pasti…DILEMMA MARISSAAAA…(apppa coba…ada juga trauma marissa!!!)

dan akhirnya gw worry juga dia down, di coba deh sekarang tetep di KGA…

yah intinya sih mau rafi lebih mature, emosinya terutama karena EQ itu yang berat…anak bisa IQ oke, tapi kalo EQ down…waaaaahhhhhhh….jadi maunya seimbang deh…

duh jadi nyamber ga jelas dari subject no homework…sooo sementara ini rafi tetep folllow others di KGA, lanjut KGB dan tadiiii nih…gresss gw baru sampe kantor jam 2 kurang habis rapat parents, gw sengaja dateng mau konsul juga mengobati kegalauan gw soal pilihan SD ini a.k.a (make sure, apakah planning awal SD di keenkids bisa di keep or not)…nanya nanya dehhhh gw soal si SD keenkids ini, dan how to handle with Rafi case, as I am still insist to let Rafi enter SD on 7 year…dan berarti kalo yang sekarang di ikutin, dia ada spare 1 tahun lebih…tahun ajaran 2014 – 2015..what should i do…apakah Off sekolah dulu?ikut les art  aja ??kata miss evi, mending tetep di KGB ulang, tapi pindah lokasi ke kebayoran biar sekalian adaptasi kalo SD mau disana..===> hmm sound reasonable, tapi ini again yaaa kalau nanti keputusan tetap di Keenkids, soalnya kan ini masih EDISI GALAU SD…jadi semenjak chat itu, jadi worry bener ga yaaaa ini keputusan yang tepat….walaupun dari sisi lain sepertinya tepat …karena kan rencana mau punya baby lagi, biar sekalian kakak raf dan calon adeknya still at daycare, karena dakyuu masih worry kalo ditinggal dirumah, belum lagi urusan bidadari khayangan (ART) yang ga jelas kan, bisa2 dakyuuu setiap lebaran stress melanda seperti jutaan ibu2 di sini setiap lebaran….OHHH NOOO….I have been steady with these condition…tenang hati, mau si bidadari mau balik ke bumi atau mau stay di khayangan terserah ajaaaa deh…yang penting anak gw keurusss…soal urusan rumah tangga….bisa diatur…udh banyak cuci kiloan, beres2 minta tolong mba bude sebelah aja sekalian..,masak?sebisanya aja, tinggal tumis2 ….goreng2….BIMOLI dehhhhh……nah itu dia THE MAIN REASON kenapa awal udh di setting SD di keenkids…dan sekarang Settingan itu jadi blur….galau melanda….

OK, next aja dehhhhh…ke Alasan kedua…

2.NO GADGET TO THE SCHOOL

yaaaahhh saudara2 seperguruan shaolin master…ini menurut gue pentingggggg buanget….karena menyesakkan dada liat kondisi saat ini, sekolah jadi ajang pamer new update gadget…anak SD udh biasa pegang BB,Ipad,IPOD, dll…..NO.NO.NO…it’s not good….

bukan gw ngelarang, yaaaaahhhhh gimana yaaaa momster ini kan rada kuno,bolot iptek dll, jadi urusan ini masih konvensional, bolehhh si punya HP, tapi bukan berarti dijadiin gaya hidup, dan ajang pameran…yg ada nanti temennya pake BB seri terbaru atau gadget apa, ga mau kalah….HEEELLLOOOOO…..kalian kan harusnya sekolah bukan pameran HP, elektronika…kalo mau pameran sanaaaa ke JICC….atau PRJ….

jadi ini mutlak…dan Keenkids accomodate ini, yang ketauan bawa HP aja bisa kena grounded, dan hukuman, sampai parents dipanggil dan anak ga boleh sekolah.===> THESE IS IT, kalao kata chef farah quin si sexy yummy food chef…..

next alasan ke 3,

3.NO JUNK FOOD, NO JAJAN DI PINGGIR JALAN ( apa sih ini….gayaaaa bahasa inggris campur2 gini)

yuppp ini juga jadi perhatian serius gw…..hmmm serem kan liat berita apalagi investigasi apa gitu deh yang di tv,kayanya semua makanan jajanan sekarang ga layak makan..hmmmm….gimenong dunk yaaaa….soooo it is definitely MUST to have….an healthy canteen or Catering…dan lagi ngebiasain anak ga pegang uang dan gampang jajan…..

=================================================================

nah itu dia alasan dasarnya kenapa awalnya netapin Keenkids utk SD, selain alasan biar sekalian aja gitu loooo kalo punya adeee rafi, nanti sekalian di situ biar tenang hati…kalao sd-nya ga di keenkids, mikir lagi…nanti dirumah gimana, ama siapa?pergaulannya?hikhikhik…susah sekaliiii yaaaaa jadi emak2..apalagi tipe emak Momster kaya gue….

 

tapi karena chat hari selasa, mengubah hati jadi galaaauuuuuuu…..3 hari sudah eike galau, dan ga kerja apa2…hanya lirik email, sisanya bersohib ria dengan Mr.Google, cari wangsit…join forum emak2 , wawancara aka interogasi temen2 yang anaknya SD ditempat lain…huaaaaaaaaaaaaa……#sorry boss…ganteng…..tapi gimenong dong……emak galau ga ada tandingannya#

dan hasil GALAU Tingkat Dewa itu menghasilkan beberapa sekolah yang momster ini interest untuk dimasukin ke list..yaitu :

1.= CIKAL ===> seneng banget amaaaaa metode sekolah ini, yang punya Najeela Shihab, pernah ikut workshop dan seminar dia, yang bareng CLara Ng….jadi tambah semangat deeeh…dan seneng ama metode sekolah ini, yang udh IB (browsing ya sodara2 ), dan menerapkan juga prinsip anak2 harus bisa strugling di dunia luar, karena kadang ilmu di sekolah suka ga manfaat ke hidup kita…====> IYAAAAA BENERRRR BGT…..kayanya selama sekolah ini ampe di UI, yang kepake di kerjaan gw :English, Computer,Correspondence, writing, sisanya Learning by Doing…contek buku2 di gramed….hihihihihi…..walau sebenernya kayanya sempet diajarin dulu, cumaaaa udhhh lupaaaaa…..ya intinya kayanya ilmu gw itu cuman betah nginep di otak semalem aja secara sistemnya SKSD (sistem kebut satu malam ditambah kopi campur garam biar ga ngantuk, radio 24 jam nyala,dan cemilan)jadi yaaa itu kali yaaa tidak memahami…..

nah si cikal ini okeee banget…dia juga anti bullying school dan menerapan konsep real world kaya anti korupsi, green living, empati, social dll…..dan juga ga ada Home Work, No Gadget juga, dan Jajanan NO..NO…anak makan bawa sendiri, dan guru2 katanya akan membaur ama mereka utk cek makanan mereka sehat ga?No junk food, kalo ada yang makan junk food, parents langsung di telpon sodara2….dan yang bikin amazing lagi adalah : Dilarang ngadain Bday party, takutnya nanti jadi jor2an…pamer…==> It is GOOD…I LOVE The idea a lot…..

dan parentsnya setiap sebulan sekali ada Parents Breakfast meeting dimana dikasih update perkembangan anak kita, dan kejadian di sekolah…

bagusss deh after all program,kurikulum semua sesuai hati gw….selain fasilitasnya yang juga Okeeeee yaaaa….tapi sodara sodara seperjuangan….ada yang ga OKE BUANGETTTT yaitu : Uang Masuknya …hikhikhikhik…bikin mau pingsan….terus bangun, terus pingsan lagi………secara tuh uang masuk kayanya bisa pake DP rumah deh ….huaaaaaaaaa….tapi tetep ada lagi ternyata sekolah yang lebih bikin mati suri denger uang masuknya …..huuuuu…tetangga si Cikal ini…..

kalo uang SPP, sebenernya sama aja kaya sekarang biaya Rafi sekolah ama daycare..kalo pun tiba2 ada juragan kaya lempar uang setruk ke rumah gw, dan gw bisa bayar uang masuknya, tapi dengan begitu gw ga bisa masukin daycare lagi, karena budget sudah terpakai sodara2…dan lagi…terus jadi mikir…sebenernya worth it ga sih… masih SD loooo……gimana SMPnya, gimana SMAnya?kan kita ga tau umur, rejeki, walaupun berdoa selalu dapat umur yang panjang, barokah, juga Rejeki sebanyak2nya yang barokah…tetep hanya ALLAH yang tau..dan kalo dipikir, uang segitu kenapa ga langsung aja lempar anaknya sekolahin ke luar negeri dengan uang masuk segitu, hmmmm iyaaaa ga sih…

mencoba rasional walau jujur I am already falling in love with these school….

tapi again, another problem will occured, semisal beneran ada juragan baik yg bayarin uang sekolah yaaa…terus nanti pulang sekolah dia balik ke rumah?waaaaahhhhhh ini dia yg eike masih ga sreg…stay dirumah, dengan bidadari, walaupun bidadarinya misalnya sepinter bidadari gw sekarang #yg kadang saking pinter pengen nampol#, dan baik, sabar, dll…dan rafiii sayaaaanggg banget ama dia #ini yang bikin gw esmosi jiwa juga pgn nampol# ==> yah iyalah nih bidadari pinter, dia ga pernah marah, sabar diladenin, beda ama MOMSTER ini…back to topics…..yah pokoknya kalo di Cikal rafi kudu di Rumah, terus antar jemput apakah ada?dari cibubur ke simatupang?kalopun antar jemput ada, yang bikin berat itu adalah…gw ga mau dia stay di rumah, terus bebas dengan nonton tv…ituuuuu yang gw ga mauuuu……

duh konsep daycare udh passss deh buat gw……NO TV, jadi tv hanya bisa ditonton pas sampe rumah which is itu udh malem, walau nontonnya Cebebies,Disney tetep harus dikhawatirkan kaaannnn……

sooo… pilihan utama ini rasanya bagai mimpi di surgaaaaaaa…….entahlah berani berharap atau tidak….

 

=2.Sekolah Pilar Indonesia 

ini intip referensi mommynya temen rafi itu, dan pas liat2 web, sepertinya OK….terutama perduitannya itu…. masih reasonable compare dengan fasilitas, dia juga IB yaaa saudara2….dan konsep metode pendidikannya juga Oke, parents should support children cooperate with school….hmmm…tapi belum dapat gambaran lain lagi, belum ada yang komen soal si SPI ini di forum,

tapi fasilitas OKEEE buanget….ada kolam renang besar, sekolahnya juga besar karena ada SD, SMP, SMA disini…dan katanya ini punya kak Seto juga…hmmmmm…

udah kirim email sih mau minta school visit during school day..mau tau kaya gimana dailynya…cuman belum dibalesss…

tapi tetep kalo compare ama pilihan pertama, hati masih jatuh cintaaaaaa tingkat berat dengan pilihan itu, cuman kan harus nyadar diri yaaaa…..Education MUST BE something that you can afford to pay

nah problem lain adalah, kalo SD disini, kan cuma half day, berarti rafi kudu balik ke rumah dong….trs kembali ke pokok diatas, yang sebenernya gw ga sreg anak di rumah ama bidadari itu….

kalopun di les-in (les lain tapi bukan les pelajaran, music, art, sport ), tetep aja he will be at home longer than me, not equal with me….

tapi kelebihannya ini deket….deket rumah di ciangsana, jadi ga usah take effort banget buat transportasi dan adapt bangung pagiiii…….

kalo di Cikal yaaa harus kayanya, dan di Keenkids ini salah satu kelemahan yang gw temukan dari awal, kalo SD mau ikut shuttle dari park royal harus jam 06.30 sampe….huaaaaaaaaaa…..si rafi gw bangunin jam berapa yaaakkksss….tapi let see…gw sih mikirnya sekalian aja kali yaaaa…biasain dia sholat subuh, mandi, sarapan di mobil terus tidur di mobil…..biar biasa sholat subuh juga….semoga bisa dijalanin…

 

sebenernya ada lagi pilihan lain, tapi belum sempet browsing, katanya ibu elly risman buka SD juga namanya SDIT Al Marjan, tapi belum sempet googling for further information, nanti deh di cari tau, atau pas appointment tgl 31 july kaliii yaaaa….iyaaaa eike buat appointment buat ketemu si ibu elly risman di RS brawijaya , sebenernya maunya sebelum rafi masuk sekolah mau konsul soal gimana nih, apa rafi tetep PreK apa lanjut KGA, tapi berhubung jadwalnya penuhhhhh baru bisa dpt jadwal di tgl 31 itu…yaaa udh tetep di ambil aja, sekalian konsul lebih lanjut mesti gimana mengingat anaknya umurnya ga pas buat  lanjut SD kalo tetep diterusin.

=================================================================

lompat dari hasil investigasi dengan agen Mr.Google, hari ini ada rapat sekolah Keenkids, dan gw dateng demi mau tau lebih lanjut soal SDnya…walau again, gw lupa tulis apa aja yang mau gw tanya…seperti biasa…dasar Nenek pikkun…….

dan akhirnya bertanya tanya lah soal si SD Keenkids ini, summarynya as follow:

= status KK masih menunggu hasil diknas tapi merujuk ke national plus, karena ikutin kurikulum diknas sebenernya tapi dibuat lebih mudah dan subject tidak banyak, dan all in english.

= metode di kelas, ini yg gw ga jelas, tapi anak dibiasain pake metode diknas kerjain soal dalam bentuk pilihan ganda, essay, bukan yang tipe kaya di cikal, atau sekolah plus/international lain, yang lebih banyak ke essay, presentation verbal…. utk yg ini gw masih belum clear soalnya mommy lain banyak yang nanya, jadi miss evi harus pay attention juga ke yg lain.

= lulusan SD keenkids, kemana???pertanyaannya apakah lulusan SD KK ini bisa struggling kalo misalnya dia lanjutin ke SD lain misalnya SD Negeri, SD International dengan Kurikulum lain kaya IB, Montessory, British dll….

jawabannya katanya iyaaaa terbukti lulusan keenkids tersebar di SMP Negeri, juga ada SMP swasta dan rata rata mereka berprestasi, beberapa ada yang ikut kelas akreditasi jump out , dan selesai lebih awal, dan mas Dika contohnya dapat beasiswa ke UK jadi kalo soal apakah lulusan keenkids bisa adapt nanti kalo ga lanjut di Keenkids, kayanya sudah mayan terjawab.

= soal ijazah gimana? karena keenkids masih numpang ujian di SD negeri duren sawit yaaa….di kebayoran deh…jadi nanti ada 2 ijasahnya yg ijasah nasiional utk hasil UAN, dan certificate dari Keenkids, jadi tetap diakui kalo mau pindah kemana pun…dan lagi siswa Keenkids ternyata semua udh didaftarin ke diknas jadi ada nomor id kaya ktp gitu…seumur hidup selama dia sekolah no.nya hanya itu aja….hhmm OK….yg ini rada bisa di terima dengan baik oleh daku…

= gimana mempersiapkan anak keenkids buat UAN, secara full day mereka in english, dan cerita dari mommy2…anak2 mereka yang SD di KK rata2 baca soal bahasa english cepet dan paham, tapi pas baca soal atau materi bahasa indonesia, 1 halaman bisa 30 menit, kalo bahasa english 1 jam seluruh materi DONE ==>>hehehehe, gw ko malah anggap ini kelebihan yg bagus yaaa….#emak dodol yaaa gw# , mereka worry nanti pas UAN mereka ga ngerti soal karena kan soal dlm Bahasa Indonesia ===> iyaaa juga yaaaa…..terus ama bu evy dikasih tau kalo anak Keenkids mulai kelas 4 udh mulai pendalaman dengan pengenalan soal soal UAN, dan dalam bahasa indonesia… ===> well , bisa dipahamin dan kayanya ga masalah buat dakyuuu…..selama kalo emang bener yaaaa lulusannya bisa strugling..hehehehe

apalagi yaaaa….lupaaa gw….udah ga konsen nih….soalnya udh mau jam 5, gw blm kerjain apa2, cuma bales email beberapa….terus kan mau puasa…eike belum munggahan ke bonyok, rencananya hari ini nihhhh….jadi ga tenang curhat…

yaaa sud, I will be back soon…..dengan GALAU edisi berikutnya yaaa…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Galau SD Rafi Edisi 1

  1. thia says:

    Mba, SD keenkids itu dimana ya? apakah satu group dengan daycare keenkids yang di apartemen park royale?thanks a lot:)

    • lukyutami says:

      hi mba, SD keenkids di kebayoran mba, hihihi..maaf lokasi tepatnya lupa…arah mau ke tanah kusir tapi kalo tanah kusir belok kiri , dia lurus yg ada al azhar syifa kalo ga salah…sebelahan indomart..

      maaf yaaa saya orang yang ga tau jalan…taunya terima beres….hihihi…

      lokasinya sebelah indomart, kecil kaya rumah, tapi homey dan panjang….

      kalo di apartemen hanya TK dan daycare mba…cuman bulan sept ini kita pindah ke danau poso, karena beberapa pertimbangan dari management Keenkids.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s